Breaking News

Thursday 13 February 2014

Chuck D Menjadi Duta Record Store Day 2014

Dalam menambah gairah industri musik dalam rilisan fisik, untuk pertama kalinya Record Store Day mengajak seorang legenda dan orang yang paling berpengaruh di dunia hiphop yaitu Chuck D dari Public Enemy menjadi duta Record Store Day tahun ini. Acara stimulan untuk kembali gemar membeli rilisan fisik ini telah berlangsung sejak 7 tahun yang lalu di Amerika Serikat. Sebelumnya beberapa musisi dunia telah menjadi duta Record Store Day antara lain: Jack White, Iggy Pop, Ozzy Osbourne, Josh Homme, dan Jesse Hughes. Record Store Day menjadi acara tahunan yang secara rutin diadakan di minggu ketiga bulan April dan tahun ini jatuh pada tanggal 19 April 2014.

Chuck D mengaku sangat antusias menjad duta Record Store Day, hal itu dia buktikan dalam sebuah testimoni yang ia tulis berisi 500 kata untuk memaparkan arti penting eksistensi toko rekaman baginya. Ia menuturkan latar belakang Public Enemy sebagai kelompok musik yang berdiri dalam kultur DJ dan sejak dari Public Enemy sampai sekarang masih menjadi DJ. Chuck D juga menegaskan bahwa toko rekaman telah eksis sebagai sarana komunikasi antara pencipta musik dan para pendengarnya. Dia mengatakan, “Toko rekaman telah berpengaruh bagi pencipta begitu banyak rekaman besar, semacam bagian perayaan kedua setelah live radio atau penampilan di televisi,”

“Berry Gordy dari Motown memiliki toko rekaman, Jac Holzman selaku pendiri Elektra memiliki toko rekaman, label rekaman Stax memiliki Satellite Record Shop tepat di sebelah studio mereka. Keith Richards membuka obrolan dengan Mick Jagger saat remaja di peron kereta Inggris karena ia membawa setumpuk rekaman blues di lengannya usai meninggalkan toko,”

Chuck D mengaku pernah sebelumnya dia sempat menganjurkan toko-toko musik untuk mengadaptasi pola penyebaran produk rekaman yang lebih modern. Namun ia tetap optimis bahwa toko rekaman akan bertahan karena mereka merupakan sebuah tempat untuk ‘berkumpul, berbagi dan musik".

Ia juga menambahkan, “Di jaman ini dimana industri telah menyusupi sound musik dengan rupa dan cerita virtual, saya merasa terhormat untuk diminta menjadi duta Record Store Day 2014,” tulisnya seraya menutup dengan, “Bersama massa yang membungkukkan leher pada ponsel pintar mereka, biarkan kami semua sebagai pecinta musik (menggunakan) GPS (untuk memandu) jalan kami menuju realitas berupa toko rekaman. Ini amat berharga untuk dicoba, mari lakukan.”

No comments:

Post a Comment

Designed By